Jumat, 29 Desember 2017

1. Pakaian Adat Aceh

nama pakaian adat
Nama pakaian adat aceh dikenal dengan pakaian Ulee Balang. Baju adat nanggroe aceh darussalam untuk laki laki sering dikenal dengan sebutan baju Linto Baro, sementara pakaian aceh yang dikenakan oleh perempuan disebut baju Daro Baro.

Dalam baju adat aceh, terdapat beberapa tingkatan. Contohnya baju adat aceh ulee balang yang khusus dipakai keluarga raja dan para ulama. Baju adat aceh patut-patut dikenakan oleh pejabat kerajaan.

2. Sumatera Utara

nama pakaian adat

Sumatera Utara sangat kental dengan Suku Batak, daerah ini mempunyai baju adat medan yang bernama kain ulos. Kain ulos inilah yang menjadikan ciri khas utama baju daerah sumatera utara di kancah nasional

3. Riau

nama pakaian adat

Secara umum pakaian adat yang menjadi identitas provinsi ini di kancah Nasional ialah busana yang bernama pakaian adat Melayu Riau.

4. Sumatera Barat

nama pakaian adat

Nama pakaian adat sumatera barat sering disebut baju adat padang Bundo Kanduang. Dari segi aksesoris baju adat sumatera barat ini mempunyai nilai filosofis yang erat kaitannya dengan peran seorang ibu dalam keluarga serta strata sosial.

Oleh karena itu, nama nama pakaian adat sumatera barat adalah baju adat padang Bundo Kanduang, yang berarti ibu dari raja. Baju adat sumatera barat ini juga memiliki keunikannya tersendiri, yaitu penutup kepala yang menyerupai dua tanduk.

5. Kepulauan Riau
nama pakaian adat

Pakaian adat Kepulauan Riau saat ini merupakan pakaian adat kebaya labuh serta teluk belanga. Baju adat nusantara ini bisa dibilang hanya ada di kepulauan Riau

6. Pakaian Adat Bangka Belitung

nama pakaian adat

Nama pakaian adat bangka belitung sering disebut baju seting serta kain cual. Pakaian adat bangka belitung ini sebenarnya adalah pakaian perpaduan dari akulturasi budaya masyarakat Arab, China, serta Melayu pada zaman dahulu.

Karena pakaian adat bangka belitung berasal dari campuran budaya luar. Hal ini membuat baju adat bangka belitung memiliki ciri khas yang beraneka ragam, dan juga sedikit berbeda dari baju adat Indonesia lainnya.

7. Jambi

nama pakaian adat

Pakaian adat Jambi banyak jenisnya. Namun, yang resmi menjadi identitas provinsi ini di kancah nasional ialah sepasang pakaian pengantin adat yang bernama pakaian adat Melayu Jambi.

8. Pakaian Adat Bengkulu

nama pakaian adat

Adat serta budaya dari bengkulu, yaitu budaya Melayu. Kendati begitu, budaya Melayu Bengkulu mempunyai perbedaan dengan budaya Melayu terhadap lazimnya. Perbedaan ini tercipta sebab ada kekhasan alam sekitar yang mengakibatkan akulturasi budaya.

Karena adanya akulturasi budaya, pakaian adat di indonesia dari daerah Bengkulu sedikit berbeda. Oleh karena itu pakaian adat bengkulu sedikit berbeda dengan baju baju adat lainnya.

9. Pakaian Adat Sumatera Selatan

nama pakaian adat

Ada 2 nama pakaian adat Sumatera Selatan yang paling dikenal di kancah nasional. Keduanya yaitu Aesan Geda serta Aesan Pasangko.

10. Pakaian Adat Lampung

nama pakaian adat

Pakaian adat lampung sering disebut dengan nama Tulang Bawang. Baju adat lampung ini memiliki beragam pernak pernik kain yang dipasangkan ke pakaian adat lampung tersebut.

Biasanya aksesoris pada pakaian adat lampung ini dibuat dari bahan kain tapis. Nama pakaian adat daerah lampung ini diambil dari nama sebuah kerjaan, yaitu kerajaan Tulang Bawang.

11. Banten

Tak dapat dipungkiri bahwa baju adat Banten jelas jelas sangat serupa dengan baju adat Sunda di Jawa Barat. Dalam adat Banten baju Panganten adalah nama pakaian adat banten. Baju adat banten ini sesuai namanya cuma dipakai oleh para pengantin saat upacara pernikahannya.

12. Baju Adat Betawi

Kota Jakarta juga terkenal dengan baju adat suku betawinya. Baju adat betawi ini memiliki macam macam pakaian busana betawi, ini tergantung dari kepentingan penggunaanya. Contohnya saja baju baju daerah betawi yang biasa untuk sehari-hari, ataupun untuk acara resmi.

Selain untuk acara formal ataupun nonformal, baju adat khas betawi ini juga memiliki beberapa jenis lainnya. Seperti: Baju betawi pria modern, celana betawi, baju adat betawi pria atau laki laki, baju koko betawi, baju adat betawi anak perempuan, baju adat betawi wanita, dan baju kebaya betawi.

13. Jawa Barat

Berikut nama pakaian adat jawa barat dan penjelasannya: Secara umum terdapat 3 jenis pakaian adat Jawa Barat yang hingga sekarang masih tetap populer, yaitu pakaian Jawa Barat untuk rakyat, kaum menengah, serta para bangsawan.

Sedangkan buat urusan upacara pernikahan, ada baju adat Sunda khusus untuk pakaian pengantin. Nama pakaian adat jawa barat khusus untuk acara pernikahan adalah Sukapura. Nama baju adat jawa barat ini sering juga disebut baju kebaya. Sehingga orang Indonesia lebih mengenalnya Nama baju adat jawa barat dengan kebaya.

14. Baju Adat Jawa Tengah

Pakaian adat jawa tengah pria dan wanita sudah menjadi ikon baju adat suku Jawa di kancah nasional. Pakaian adat jawa tengah untuk laki laki sering disebut sebagai Jawi Jangkep atau juga Kebaya.

Pakaian pernikahan adat jawa tengah juga sering memakai baju kebaya. Hal ini membuktikan baju adat Jawa Tengah masih bisa eksis di zaman modern seperti saat ini. Padahal, jika dilihat sekilas baju tradisional jawa tengah ini terkesan sederhana.

15. Pakaian Adat Yogyakarta

Nama pakaian adat yogyakarta yang biasa dipakai sehari-hari sering kali disebut baju surjan. Sedangakan nama baju adat yogyakarta untuk kalangan atas atau pejabat keraton adalah baju ageng.

Biasanya pakaian adat daerah istimewa yogyakarta untuk kaum laki laki meliputi baju sorjan, kain batik, dan blangkon sebagai penutup kepala. Sedangakan pakaian adat yogyakarta untuk wanita meliputi kebaya, kain batik, serta sanggul rambut yang ditata sedemikian rupa.

Sumber : https://rumahulin.com/nama-pakaian-adat/

0 komentar :

Posting Komentar